Emiten Hermanto Tanoko (CLEO) Caplok Distributor Rp 180 M

Jakarta, CNBC Indonesia РEmiten air mineral milik konglomerat Hermanto Tanoko PT Sariguna Primatirta Tbk. (CLEO) akan mengakuisisi perusahaan distribusi PT Sentralsari Primasentosa (SPS). Hal ini disetujui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Independen CLEO yang digelar pada 22 Desember 2023, di Voza Office Tower, Surabaya.

Dalam aksi korporasi ini, SPS akan menerbitkan 100.000 lembar saham baru (setara dengan 80% kepemilikan saham) pada kuartal IV-2023. Jumlah itu setara dengan Rp180 miliar.

Dana segar sebesar Rp 180 miliar di PT SPS akan digunakan untuk menambah armada kendaraan distribusi. Proses transaksi akuisisi ini telah mendapatkan opini kewajaran (fairness opinion) dari Kantor Jasa Independen tersebut.

CEO Sariguna Primatirta Melisa Patrcia mengatakan pencaplokan ini merupakan langkah strategis berupa integrasi vertikal terhadap perusahaan bisnis distribusi SPS. Harapannya, langkah ini akan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas pihaknya dan mendorong percepatan pertumbuhan kinerja CLEO.

“Karena selain akan mendukung pengembangan usaha SPS itu sendiri, pengintegrasian ini juga otomatis akan meningkatkan kemampuan CLEO dalam melakukan penetrasi pasar,” kata Melisa dalam keterangan resminya, Jumat (22/12/2023).

Untuk diketahui, SPS merupakan perusahaan distribusi fast moving consumer goods (FMCG), dengan produk utamanya yang didistribusikan yaitu produk CLEO ke seluruh Indonesia. SPS memiliki 342 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia dan didukung oleh ribuan armada.

Sementara itu, terpantau saham CLEO ditutup stagnan di harga 640 pada sesi II perdagangan Jumat (22/12/2023). Nilai transaksi mencapai Rp1,87 miliar dengan volume perdagangan sebanyak 1,87 juta saham.

Sumber: https://www.cnbcindonesia.com/market/20231222183951-17-499694/emiten-hermanto-tanoko–cleo–caplok-distributor-rp-180-m

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *